Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh lks cakram hereditas mendel,Funsi cakram genetika,cara membaca cakram genetika,, dasar teori cakram genetika,lingkaran cakram genetika,dasar teori cakram genetika
HEREDITAS MENURUT
MENDEL
Pendahuluan
Mari kita
tengok kesekeliling kita . Kita amati
teman-teman sekelas kita atau
saudara-saudara kita. Akan terlihat
adanya persamaan , sekaligus perbedaan , antara yang satu dengan yang lain
. Antara kita dan ibu bapak kita
terlihat juga perbedaan dan persamaan .
Lebih luas lagi , jika kita membandingkan suku bangsa yang satu dengan
yang lain.
Mari kita
lihat kegiatan 1 berikut:
Padamanusia
tanpak adanya bermacam-macam variasi sifat atau perangai yang dapat dilihat
berdasarkan rupa atau sifat yang tampak (fenotip). Amatilah 6 sifat dan perangai dari
teman-temanmu dalam satu kelas. Keenam sifat
yang kamu amati adalah:
1. Jenis kelamin pria VS wanita Kode: XY dan XX
2. Mata tidak biru VS mata biru Kode: B. Dan bb
3. Ibu jari dapat dibengkokkan VS
Tidak dapat dibengkokkan Kode C. Dan cc
4. Rambut kriting Vs rambut Lurus Kode: K. Dan kk
5. Ruas kedua jari tangan berambut
VS tidak berambut Kode: R. Vs rr
6. empat macam golongan darah Kode: A.B.AB.O
Setelah itu liat cakram genetika
berikut:
Cara kerja
1. cedralah dirimu sendiri untuk
keeanam sifat tersebut.
2. Gunakn cakram genetika yang telah tersedia, mulailah dari lingkaran terendah untuk sifat jenis kelamin. Tentukan apakah sifat pertama yang kamu amati terdapat disebelah kiri atau kanan dari garis vertkal.
3. Setelah itu amati ciri berikutnya . Cocokkan dengan ciri yang tercantum dengan lingkaran disebelah luarnya sampai pada sifat golongan darah
4. Denagn melingkari setiap ciri atau sifat yang sesuai akan kamu temukan kode fenotif dari dirimu.
5. Tulislah hasil pencedraanmu kedalam tabel hasil pengamatan berikut:
2. Gunakn cakram genetika yang telah tersedia, mulailah dari lingkaran terendah untuk sifat jenis kelamin. Tentukan apakah sifat pertama yang kamu amati terdapat disebelah kiri atau kanan dari garis vertkal.
3. Setelah itu amati ciri berikutnya . Cocokkan dengan ciri yang tercantum dengan lingkaran disebelah luarnya sampai pada sifat golongan darah
4. Denagn melingkari setiap ciri atau sifat yang sesuai akan kamu temukan kode fenotif dari dirimu.
5. Tulislah hasil pencedraanmu kedalam tabel hasil pengamatan berikut:
No
|
Sifat
yang diamati
|
Hasil
pengamatan dalam Huruf
|
Nomoer
kode
|
1.
|
Apkah
jenis kelaminmu
|
||
2.
|
Apakah
warna matamu
|
||
3.
|
Ibu
jari dapat dibengkokkan atau tidak
|
||
4.
|
Bagaimana
keadaan rambut lurus atau kritik
|
||
5.
|
Apakah
ruas kedua jari tanganberambut atau tidak
|
||
6.
|
Apakah
golongan darahmu
|
Pertanyaan:
1. Tentukan sifat dari dirimu. Bernomor genetik berapakah dirimu?
2. Setelah kamu menemukan nomor kode
sifat dirimu, Tentukan variasi dirimu masing-masing
3. Setelah temanmu dalam satu kelas
telah selesai mencandra dirimya masing-masing.. Buatlah tabel frekuensi nomor
genetika temanmu sekelas
4. Adakah dua atau lebih temanmu
sekelas memiliki nomor yang sama jika ada jelaskan
5. Jelaskan mengapa variasi genetika
seorang siswa yang mempunyai nomor genetika 40,56,73, dan 80.
6.kalau dalam penelitian ini diamati 10 sifat, berapa variasikah yang akan dihasilka?
6.kalau dalam penelitian ini diamati 10 sifat, berapa variasikah yang akan dihasilka?
0 Response to "CONTOH LKS CAKRAM HEREDITAS MENDEL"
Posting Komentar