CONTOH RPP POLA_POLA HEREDITAS
SMA KELAS XII BIOLOGI K13 REVISI 2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan
Pendidikan :SMA
Kelas/Semester :XII/1
Mata Pelajaran :
Biologi
Waktu : 12 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar,menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakanmetoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Kompetensi
|
3.6 Memahami
pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
|
a. Menyebutkan
pengertian sifat,ciri dari pola-pola hereditas pautan dan pindah silang (C1)
b. Mengumpulkan
tabel pola-pola hereditas pautan dan pindah silang menurut Mendel dan Morgan
(C2)
c. Memahami
pola-pola heriditas pautan dan pindah silang menurut Mendel dan Morgan (C4)
|
4.6 Mengevaluasi
pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
|
a. Menyajikan
data pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
b. Mengevaluasipola-pola
hereditas pautan dan pindah silang
|
Setelah kegiatan
pembelajaran dengan metode discavery melalui model
pembelajaran Kelompok Ahli untuk lebih memahami materi yang akan disampaikan, diharapkan peserta
didik dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat :
a. Menyebutkan pengertian sifat,ciri dari pola-pola
hereditas pautan dan pindah silang (C1)
b. Mengumpulkan tabel pola-pola hereditas pautan dan
pindah silang menurut Mendel dan Morgan
(C2)
c. Memahami pola-pola heriditas pautan dan pindah silang
menurut Mendel dan Morgan (C4)
D.
Materi
Ajar
Pola pola hereditad
Pautan dan pindah silang
Gagal berpisah
Gen letal
F. PROSES
PEMBELAJARAN
Model : Pembelajaran
Discovery Learning/ Penemuan
Pedekatan :
Saintifik (Scientific)
Metode
Pembelajaran : tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama
(3 × 45′)
WAKTU
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
|
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
1.
Guru menjawab salam siswa dan bersama-sama dengan siswa berdo’a sebelum
belajar
|
·
Siswa memberi salam dan berdo’a bersama-sama dengan guru
|
|
Tahap I:
Stimulasi/ pemberian rangsangan
1. Guru mengelompokkan siswa ke dalam kelompok, dengan jumlah siswa
tiap kelompok 4 orang dan mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan anggota
kelompoknya
2. Guru mengajukan pertanyaan
tentang kepada siswa kebutuhan apa saja yang mereka penuhi selama
sehari.
3. Guru meminta siswa
untuk melihat buku paket
masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi
kebutuhan.
Tahap 2:
Problem
Statement/
pertanyaan/identifikasi masalah
1. Guru
memaparkan tabel pola-pola hereditas pautan dan pindah
silang.
2. Guru
mengarahkan siswa untuk dapat mengidentifikasi masalah yang ada didalam tabel .
Tahap 3:
Data Collection/Pengumpulan
Data
1.
Guru mengamati aktifitas siswa dalam
mengumpulkan data/ informasi yang relevan untuk menjawab masalah yang
diajukan dalam lembar kerja (LK), dan membimbing siswa yang mengalami kendala
saat melakukan proses pengumpulan data
Tahap 4:
Data Processing/ Pengolahan Data
1.
Guru mengamati aktifitas siswa dan
membimbing siswa dalam melakukan proses memperoleh berbagai alternatif
jawaban permasalahan yang diajukan dalam lembar kerja (LK).
Konfirmasi
Tahap 5:
Verification/Pembuktian
1.
Guru mengamati aktifitas siswa dalam
membuktikan jawaban hasil penyelesaian dari permasalahan yang diajukan dalam
LK dan membimbing siswa yang mengalami
kendala.
Tahap 6:
Generalization/ Menarik Kesimpulan/ Generalisasi
1.
Guru mengamati aktifitas siswa dalam
membuat kesimpulan dari hasil penyelesaian permasalahan yang diajukan dalam
LK, yaitu dengan membuat kesimpulan dari soal-soal yang telah dikerjakan
2.
Guru meminta perwakilan siswa dari
tiap kelompok untuk meuntuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di
depan kelas.
3.
Guru memberikan soal evaluasi akhir untuk melihat ketercapain kemampuan
setiap siswa berkaitan dengan materi eksponen dan bilangan berpangkat yang
dibahas.
|
·
Siswa berkumpul dengan kelompok yang sudah ditentukan oleh guru
(toleransi dan kerjasama)
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan aspek-aspek materi yang akan
dipelajari
·
Siswa
melihat buku paket masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari
pada sub pokok materi kebutuhan.
· Siswa mengamati tabel secara berkelompok
· Siswa mengidentifikasi
masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK)
· Siswa`mengumpulkan data atau
berbagai informasi yang relevan untuk dapat menjawab masalah yang telah
teridentifikasi dalam lembar kerja
· Siswa menyelesaikan masalah
yang terdapat dalam lembar kerja berdasarkan data-data yang telah terkumpul
· Siswa membuktikan jawaban
hasil penyelesaian yang telah diperoleh dalam lembar kerja
· Siswa membuat kesimpulan dari
hasil diskusi kelompok berkaitan dengan materi kebutuhan sesuai dengan lembar
kerja
· Siswa`mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas
· Siswa mengerjakan soal
evaluasi yang diberikan oleh guru
|
G. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1.
Lembar Kerja
2.
Lembar Penilaian
3.
Buku Panduan
Guru BiologiKelas XII hal.....penerbit
Erlangga
4.
Buku panduan Guru Biologi
Yudistira,Exis dan internet
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian: pengamatan, penugasan
(proyek) dan tes tertulis
2.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik / Instrumen Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
KI 1 KI 2
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran yang dilakukan .
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d.
Jujur
dalam menjawab permasalahan yang diberikan
e.
Tanggung
jawab dalam menyelesaikan LK yang ditugaskan
|
Pengamatan
Observasi guru
Penilaian /
Penilaian diri
Penilaian teman
Pencatatan / Jurnal
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menemukan
konsep eksponen, akar pangkat dan logaritmasecara tepat,kritis,kreatif,
dan penuh tanggung jawab.
b.
Menjelaskan konsep eksponen,
akar pangkat dan logaritmasecara tepat, sistematis, kreatif, toleransi dan penuh
tanggung jawabserta menggunakan simbol yang benar.
c.
Menerapkan
konsep eksponen, akar pangkat dan logaritma dalam bentuk problem solving secara tepat, kritis dan kreatif.
|
Penilaian kinerja berdasarkan
langkah-langkah pembelajaran discovery
Penilain Tertulis
|
Selama proses pembelajaran inti
Diakhir Penyampaian Materi (Evaluasi akhir)
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan
laporan projek dan memaparkan hasilnya di depan kelas
|
Penilaian projek
|
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu
yang ditentukan 1 minggu) dan selama presentasi
|
I.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes
tertulis
Mengetahui
Natar , Juli 2017
Kepala SMA TRI SUKSES Guru
Mata Pelajaran,
AHMAD MUSLIH,S.Ag. M.Pd.i Hj.
Meiyensi,S.Pd.MM
NIP.19710507200501004 NIP.197605232007012007
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII/2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Pokok
Bahasan : Pola-Pola Hereditas Pautan dan Pindah Silang
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap
aktif dalam pembelajaran peluang
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil
bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses penyelesaian masalah dengan penemuan yang berbeda
dan kreatif.
1.
Kurang baik jikasama sekali tidak bersikap toleran terhadap penemuan
penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang
berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
x
|
x
|
X
|
|||||||
Keterangan:
Skor 1 = KB (Kurang baik)
Skor 2 = B (Baik)
Skor 3 = SB (Sangat baik)
0 Response to "CONTOH RPP POLA_POLA HEREDITAS SMA KELAS XII BIOLOGI K13 REVISI 2018"
Posting Komentar