CONTOH RPP POLA_POLA HEREDITAS SMA KELAS XII BIOLOGI K13 REVISI 2018



CONTOH RPP POLA_POLA HEREDITAS 
SMA KELAS XII  BIOLOGI K13 REVISI 2018




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan  :SMA
Kelas/Semester       :XII/1
Mata Pelajaran       : Biologi
Waktu                     : 12 x 45 menit
A.        Kompetensi Inti :
KI 1 :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4
Mengolah, menalar,menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakanmetoda sesuai kaidah keilmuan
B.         Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
3.6 Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
a. Menyebutkan pengertian sifat,ciri dari pola-pola hereditas pautan dan pindah silang (C1)
b. Mengumpulkan tabel pola-pola hereditas pautan dan pindah silang menurut Mendel dan Morgan (C2)
c. Memahami pola-pola heriditas pautan dan pindah silang menurut Mendel dan Morgan (C4)
4.6 Mengevaluasi pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
a. Menyajikan data pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
b. Mengevaluasipola-pola hereditas pautan dan pindah silang



C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dengan metode discavery melalui model pembelajaran Kelompok Ahli untuk lebih memahami materi yang akan disampaikan, diharapkan peserta didik dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
a. Menyebutkan pengertian sifat,ciri dari pola-pola hereditas pautan dan pindah silang (C1)
b. Mengumpulkan tabel pola-pola hereditas pautan dan pindah silang menurut Mendel dan Morgan
(C2)
c. Memahami pola-pola heriditas pautan dan pindah silang menurut Mendel dan Morgan (C4)
D.        Materi Ajar
Pola pola hereditad
Pautan dan pindah silang
Gagal berpisah
Gen letal

F.     PROSES PEMBELAJARAN
Model                                      : Pembelajaran Discovery Learning/ Penemuan Pedekatan                                  :                        Saintifik (Scientific)
Metode Pembelajaran            : tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 45′)
WAKTU
KEGIATAN PEMBELAJARAN
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA

PERSIAPAN PEMBELAJARAN
1.   Guru menjawab salam siswa dan bersama-sama dengan siswa berdo’a sebelum belajar

·     Siswa memberi salam dan berdo’a bersama-sama dengan guru

Tahap I:
Stimulasi/ pemberian rangsangan
1.  Guru mengelompokkan siswa ke dalam kelompok, dengan jumlah siswa tiap kelompok 4 orang dan mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan anggota kelompoknya
2.  Guru mengajukan pertanyaan  tentang kepada siswa kebutuhan apa saja yang mereka penuhi selama sehari.
3.  Guru meminta siswa
untuk  melihat buku paket masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi kebutuhan.

Tahap 2:
Problem Statement/ pertanyaan/identifikasi masalah
1.  Guru memaparkan tabel pola-pola hereditas pautan dan pindah silang.
2.  Guru mengarahkan siswa untuk dapat mengidentifikasi masalah yang ada didalam tabel .


Tahap 3:
Data Collection/Pengumpulan Data
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dalam mengumpulkan data/ informasi yang relevan untuk menjawab masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK), dan membimbing siswa yang mengalami kendala saat melakukan proses pengumpulan data

Tahap 4:
Data Processing/ Pengolahan Data
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dan membimbing siswa dalam melakukan proses memperoleh berbagai alternatif jawaban permasalahan yang diajukan dalam lembar kerja (LK).

Konfirmasi
Tahap 5:
Verification/Pembuktian
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dalam membuktikan jawaban hasil penyelesaian dari permasalahan yang diajukan dalam LK dan  membimbing siswa yang mengalami kendala.

Tahap 6:
Generalization/ Menarik Kesimpulan/ Generalisasi
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil penyelesaian permasalahan yang diajukan dalam LK, yaitu dengan membuat kesimpulan dari soal-soal yang telah dikerjakan
2.   Guru meminta perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk meuntuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
3.   Guru memberikan soal evaluasi akhir untuk melihat ketercapain kemampuan setiap siswa berkaitan dengan materi eksponen dan bilangan berpangkat yang dibahas.

·     Siswa berkumpul dengan kelompok yang sudah ditentukan oleh guru (toleransi dan kerjasama)
·     Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan aspek-aspek materi yang akan dipelajari
·     Siswa melihat buku paket masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi kebutuhan.




·     Siswa mengamati tabel secara berkelompok

·     Siswa mengidentifikasi masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK)







·     Siswa`mengumpulkan data atau berbagai informasi yang relevan untuk dapat menjawab masalah yang telah teridentifikasi dalam lembar kerja






·     Siswa menyelesaikan masalah yang terdapat dalam lembar kerja berdasarkan data-data yang telah terkumpul




·     Siswa membuktikan jawaban hasil penyelesaian yang telah diperoleh dalam lembar kerja







·     Siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok berkaitan dengan materi kebutuhan sesuai dengan lembar kerja

·     Siswa`mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas

·     Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh guru


G.   Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Lembar Kerja
2.      Lembar Penilaian
3.      Buku Panduan Guru BiologiKelas XII hal.....penerbit Erlangga
4.      Buku panduan Guru Biologi Yudistira,Exis dan internet

H.     Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, penugasan (proyek) dan tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik / Instrumen Penilaian
Waktu Penilaian
1.

KI 1 KI 2
Sikap
a.      Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d.      Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan
e.      Tanggung jawab dalam menyelesaikan LK yang ditugaskan

Pengamatan
Observasi guru

Penilaian /
Penilaian diri
Penilaian teman

Pencatatan / Jurnal
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.      Menemukan konsep eksponen, akar pangkat dan logaritmasecara tepat,kritis,kreatif, dan penuh tanggung jawab.
b.      Menjelaskan konsep eksponen, akar pangkat dan logaritmasecara tepat, sistematis, kreatif, toleransi dan penuh tanggung jawabserta menggunakan simbol yang benar.
c.      Menerapkan konsep eksponen, akar pangkat dan logaritma dalam bentuk problem solving secara tepat, kritis dan kreatif.

Penilaian kinerja berdasarkan langkah-langkah pembelajaran discovery


Penilain Tertulis

Selama proses pembelajaran inti





Diakhir Penyampaian Materi (Evaluasi akhir)

3.

Keterampilan
Menyelesaikan laporan projek dan memaparkan hasilnya di depan kelas

Penilaian projek
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan 1 minggu) dan selama presentasi

I.                    Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis



Mengetahui                                                                                 Natar  ,                   Juli  2017
Kepala SMA TRI SUKSES                                                                Guru Mata Pelajaran,



 AHMAD MUSLIH,S.Ag. M.Pd.i                                                  Hj. Meiyensi,S.Pd.MM
NIP.19710507200501004                                                                NIP.197605232007012007









LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran                 : Biologi
Kelas/Semester                 : XII/2
Tahun Pelajaran                : 2017/2018
Pokok Bahasan                  : Pola-Pola Hereditas Pautan dan Pindah Silang
Waktu Pengamatan          :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran peluang
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses penyelesaian masalah dengan penemuan yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jikasama sekali tidak bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.



x


x


X























Keterangan:

Skor 1 = KB (Kurang baik)
Skor 2 = B (Baik)
Skor 3 = SB (Sangat baik)





0 Response to "CONTOH RPP POLA_POLA HEREDITAS SMA KELAS XII BIOLOGI K13 REVISI 2018"

Posting Komentar