CONTOH SOAL UKG dan JAWABANYA
1.pembelajaran kontektual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk
A. Mengajarkan dengan berbagai media dengan cara bersamaa.
B. Menghubungkan materi dari suatu permasalahan
C. Melakukan kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu
D. Mengembangkan materi dari suatu permasalahan
Jawaban B
2. Berikut ini adalah ciri-ciri dari pendektan CTL kecuali...
A. Belajar berdasarkan pengalaman
B. Berpikir tingkat tinggi
C. Berpusat pada guru
D. Siswa kritis dan kreatif
Jawaban C
3. Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah..
A. Mengajar
B. Memberi tugas
C. Mengarahkan
D. Mengintruksi
Jawaban C
4.landasan filosofi pendekatan kontekstual adalah konstrukvisme yang menekankan bahwa....
A. Belajar perlu tempat yang edukatif
B. Belajar dengan media secara lengkap
C. Belajar dengan megalami dan tidk sekedr menerima
D. Belajar perlu dengan menghafal
Jawabannya C
5. Ciri kelas yang menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Pengalaman nyata
C. Guru kreatif
D. Menggunakan satu sumber
Jawabannya D
6. Ada tujuh komponen penting dalam CTL adalah sebagai berikut...kecuali
A. Masyarakat belajar
B. Kontruktivisme
C. Inquiri
D. Menyenangkan
Jawabannya D
7. Sumber belajar bukan hanya guru tetapi dapat berasal dari siswa ,pakar,dari luar , dan internet , konsep tersebut dalam CTL disebut
A. Masyarakat belajar
B. Kontriktivisme
C. Inquiri
D. Menyenangkan
Jawabannya A
8. Penulaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post tes disebut....
A. Masyarakat belajar
B. Kintruktivisme
C. Autentik asesmen
D. Menyenangkan
Jawabannya. C
9. Konsep melibatkan siswa perlu dalam menyusun topik/masalah bahan diskusi untuk pembelajaran dalam CTL disebut.....
A. Masyarakat belajar
B. Konstruktivisme
C. Autantik asesmen
D. Menyenangkan
Jawabannya A
10. Siswa lebih mengingat apa yang dikerjakan dari pada apa yang didengarkan, motto tersebut cocok dalam model pembelajaran......
A. Terpadu
B. Kuantim
C. CTL
D. Kooperatif
Jawabannya C
11. Cooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada.
A. Diskusi kelas
B. Belajar dalam dalam kelompok kecil
C. Penerapan fieldtrip
D. Real world learning
12. Interaksi tatap muka dalam kelompok pada tiap pembelajaran sangat penting untuk menumbuhkan suasana....
A. Kondusif
B. Dialog antar siswa
C. Tenang
D. Aktif
Jawabannya. D
13. Berikut ini adalah elemen-elemen pembelajaran kooperatif kecuali...
A. Ketergantungan positif
B. Intraksi tatap muka
C. Akuntabilitas individual
D. Cooperative learning
Jawabannya D
14. Metode struktural dalam pembelajaran kooperatif dirancang untuk mempengaruhi pola-pola....
A. Kreasi siswa
B. Intraksi siswa
C. Paktual siswa
D. Aktif siswa
Jawabannya B
15. Penilaian kelompok yang didasarkan atas rat-rata penugasan semua anggota kelompok secara individu disebut.......
A. Intetpersonal relationship
B. Individu result
C. Akuntabilitas individual
D. Home taems
Jawaban. C
16. Kelebihan kelompok belajar kooperarif harus bersifat....
A. Tidak ada siswa yang mendominasi atau menggantungkan diri dalam kelompok
B. Tugas dikerjakan salah seorang anggota kelompok
C. Kelompok belajar biasanya bomogen
D. Hubungan antar pribadi bersifat semu
Jawaban. A
17. Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif barus bersifat ....
A. Hetrogen
B. Bomogeny
C. Tetap
D. Tertutup
Jawabanya. A
18. Metode group investigation menuntut siswa memiliki kemampuan .....
A. Interperonal relationship
B. Membentuk kelompok pakar
C. Group proses performance/skill
D. Memuliki kelompok semula
Jawaban. C
19. Berikut ini keuntungan pembelajaran kooperatif kecuali....
A. Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial
B. Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial
C. Mengjilangkan sifat mementingkan diri sendiri
D. Mengembangkan nilai-nilai sosial dan komitmen
Jawaban. C
20. Yang dimaksud dengan expertgroup pada metode jigsaw. Adalah......
A. Ketua dari setiap kelompok
B.kelompok pakar dan perwakilan tiap kelompok
C. Kelompok independen yang menjadi penengah
D. Kelompok yang bersifat pro terhadap permasalahan
Jawaban B
21. Pada awal perkembangan pembelajaran kuantum dimaksudkan untuk.....
A. Mengajar yang menyenangkan
B. Memilih statregi pembelajaran di sekolah
C meningkatkan keberhasilan hidup dan karier remaja ditumah
D. Menarik perhatian siswa dalam belajar
Jawaban C
22. pembelaharan kuantum memberikan tekanan pada pentingnya hal-hal berikut kecuali...
A. Interaksi
B. Frekuensi
C. Kebenaran
D. Personalitas
Jawaban B
23. Pembelajaran kuantum berpangkal pada.....
A. Psikomotorik
B. Taksonomi Bloom
C. Fisika kuantum
D. Psikologi kognitif
Jawaban D
24. Dalam kuantum teaching guru menngunakan bahan audio yang mendekati realitas dengan tujuan utamanaya adalah.....
A. Agar siswa tertarik terhadap matapelajaran yang diajarkan
B. Untuk menutupi kekurangan penguasaan materi
C. Memberikan pengalaman belajar yan g banyak dengan cara sedikit
D. Memberikan kenyamanan dalam PBM
Jawaban. A
25. Guru menerapkan peta konsep didepan kelas hal pertama yang harus dilakukan adalah....
A. Menulis kata kunci
B. Menulis tema pokok
C. Membuat garis-garis cabang
D. Menulis sub gagasan
Jawaban B
1.pembelajaran kontektual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk
A. Mengajarkan dengan berbagai media dengan cara bersamaa.
B. Menghubungkan materi dari suatu permasalahan
C. Melakukan kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu
D. Mengembangkan materi dari suatu permasalahan
Jawaban B
2. Berikut ini adalah ciri-ciri dari pendektan CTL kecuali...
A. Belajar berdasarkan pengalaman
B. Berpikir tingkat tinggi
C. Berpusat pada guru
D. Siswa kritis dan kreatif
Jawaban C
3. Dalam pendekatan kontektual tugas guru adalah..
A. Mengajar
B. Memberi tugas
C. Mengarahkan
D. Mengintruksi
Jawaban C
4.landasan filosofi pendekatan kontekstual adalah konstrukvisme yang menekankan bahwa....
A. Belajar perlu tempat yang edukatif
B. Belajar dengan media secara lengkap
C. Belajar dengan megalami dan tidk sekedr menerima
D. Belajar perlu dengan menghafal
Jawabannya C
5. Ciri kelas yang menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Pengalaman nyata
C. Guru kreatif
D. Menggunakan satu sumber
Jawabannya D
6. Ada tujuh komponen penting dalam CTL adalah sebagai berikut...kecuali
A. Masyarakat belajar
B. Kontruktivisme
C. Inquiri
D. Menyenangkan
Jawabannya D
7. Sumber belajar bukan hanya guru tetapi dapat berasal dari siswa ,pakar,dari luar , dan internet , konsep tersebut dalam CTL disebut
A. Masyarakat belajar
B. Kontriktivisme
C. Inquiri
D. Menyenangkan
Jawabannya A
8. Penulaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post tes disebut....
A. Masyarakat belajar
B. Kintruktivisme
C. Autentik asesmen
D. Menyenangkan
Jawabannya. C
9. Konsep melibatkan siswa perlu dalam menyusun topik/masalah bahan diskusi untuk pembelajaran dalam CTL disebut.....
A. Masyarakat belajar
B. Konstruktivisme
C. Autantik asesmen
D. Menyenangkan
Jawabannya A
10. Siswa lebih mengingat apa yang dikerjakan dari pada apa yang didengarkan, motto tersebut cocok dalam model pembelajaran......
A. Terpadu
B. Kuantim
C. CTL
D. Kooperatif
Jawabannya C
11. Cooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada.
A. Diskusi kelas
B. Belajar dalam dalam kelompok kecil
C. Penerapan fieldtrip
D. Real world learning
12. Interaksi tatap muka dalam kelompok pada tiap pembelajaran sangat penting untuk menumbuhkan suasana....
A. Kondusif
B. Dialog antar siswa
C. Tenang
D. Aktif
Jawabannya. D
13. Berikut ini adalah elemen-elemen pembelajaran kooperatif kecuali...
A. Ketergantungan positif
B. Intraksi tatap muka
C. Akuntabilitas individual
D. Cooperative learning
Jawabannya D
14. Metode struktural dalam pembelajaran kooperatif dirancang untuk mempengaruhi pola-pola....
A. Kreasi siswa
B. Intraksi siswa
C. Paktual siswa
D. Aktif siswa
Jawabannya B
15. Penilaian kelompok yang didasarkan atas rat-rata penugasan semua anggota kelompok secara individu disebut.......
A. Intetpersonal relationship
B. Individu result
C. Akuntabilitas individual
D. Home taems
Jawaban. C
16. Kelebihan kelompok belajar kooperarif harus bersifat....
A. Tidak ada siswa yang mendominasi atau menggantungkan diri dalam kelompok
B. Tugas dikerjakan salah seorang anggota kelompok
C. Kelompok belajar biasanya bomogen
D. Hubungan antar pribadi bersifat semu
Jawaban. A
17. Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif barus bersifat ....
A. Hetrogen
B. Bomogeny
C. Tetap
D. Tertutup
Jawabanya. A
18. Metode group investigation menuntut siswa memiliki kemampuan .....
A. Interperonal relationship
B. Membentuk kelompok pakar
C. Group proses performance/skill
D. Memuliki kelompok semula
Jawaban. C
19. Berikut ini keuntungan pembelajaran kooperatif kecuali....
A. Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial
B. Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial
C. Mengjilangkan sifat mementingkan diri sendiri
D. Mengembangkan nilai-nilai sosial dan komitmen
Jawaban. C
20. Yang dimaksud dengan expertgroup pada metode jigsaw. Adalah......
A. Ketua dari setiap kelompok
B.kelompok pakar dan perwakilan tiap kelompok
C. Kelompok independen yang menjadi penengah
D. Kelompok yang bersifat pro terhadap permasalahan
Jawaban B
21. Pada awal perkembangan pembelajaran kuantum dimaksudkan untuk.....
A. Mengajar yang menyenangkan
B. Memilih statregi pembelajaran di sekolah
C meningkatkan keberhasilan hidup dan karier remaja ditumah
D. Menarik perhatian siswa dalam belajar
Jawaban C
22. pembelaharan kuantum memberikan tekanan pada pentingnya hal-hal berikut kecuali...
A. Interaksi
B. Frekuensi
C. Kebenaran
D. Personalitas
Jawaban B
23. Pembelajaran kuantum berpangkal pada.....
A. Psikomotorik
B. Taksonomi Bloom
C. Fisika kuantum
D. Psikologi kognitif
Jawaban D
24. Dalam kuantum teaching guru menngunakan bahan audio yang mendekati realitas dengan tujuan utamanaya adalah.....
A. Agar siswa tertarik terhadap matapelajaran yang diajarkan
B. Untuk menutupi kekurangan penguasaan materi
C. Memberikan pengalaman belajar yan g banyak dengan cara sedikit
D. Memberikan kenyamanan dalam PBM
Jawaban. A
25. Guru menerapkan peta konsep didepan kelas hal pertama yang harus dilakukan adalah....
A. Menulis kata kunci
B. Menulis tema pokok
C. Membuat garis-garis cabang
D. Menulis sub gagasan
Jawaban B
0 Response to "Contoh soal UKG"
Posting Komentar