KELOMPOK : H.8 - 4
|
ANALISIS
BUKU SISWA
Judul
Buku : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas :
VIII/ Semester 1
Jenjang : SMP
Topik
: Gerak Pada Makhluk Hidup
KD
: 3.1 Memahami gerak lurus dan pengaruh
gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton serta penerapannya pada gerak
makhluk hidup dan gerak benda ke dalam kehidupan sehari-hari
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A.
Sistematika
|
||||||
Judul
sesuai dengan KD yang harus dicapai
|
Sesuai
|
-
|
-
|
√
|
|
|
Urutan
subtopic/materi sesuai dengan KD dan sistematika keilmuan
|
Sesuai
|
-
|
-
|
√
|
|
|
Komponen
penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik
|
Sesuai
|
-
|
-
|
√
|
|
|
B.
Uraian Materi
|
||||||
Pendahuluan
bab memotivasi siswa untuk belajar
|
Sesuai
|
-
|
-
|
√
|
|
|
Cakupan
materi setiap subtopic/subbab memenuhi kebutuhan pencapaian KD
|
Sesuai
|
-
|
√
|
-
|
|
|
Kegiatan pada buku memfasilitasi
pembelajaran dengan Pendekatan Saintific
|
Sesuai
|
-
|
-
|
√
|
|
|
C. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Penilaian Pengetahuan
|
Sesuai
|
-
|
√
|
-
|
|
|
Penilaian Sikap
|
Sesuai
|
√
|
-
|
-
|
Belum
nampak secara tersurat
|
Dituliskan
kompensi sikap yang ingin dinilai
|
Penilaian Keterampilan
|
Sesuai
|
-
|
√
|
-
|
|
|
Tugas
|
Sesuai
|
√
|
-
|
-
|
1. Tidak diberikan tugas pada
siswa yang belum mencapai ketuntasan pada materi gerak
2. Bagi siswa yang
sudah tuntas belum diberikan pengayaan
|
1. Bagi siswa yang
belum tuntas diberikan remedial
2. Bagi siswa yang
sudah tuntas diberikan pengayaan
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Berdasarkan
bedah buku siswa yang kelompok kami lakukan adalah sebagai berikut:
1.
Ditinjau berdasarkan Sistematikanya
buku siswa sudah baik dan sesuai
dengan Kompetensi Dasar
2.
Ditinjau berdasarkan Uraian
Materinya secara keseluruhan baik,
hanya pada Cakupan materi setiap
subtopic/subbab memenuhi kebutuhan pencapaian KD kami
menilai cukup baik
3.
Ditinjau Penilaian
Proses dan Hasil Belajar sudah cukup baik, hanya
pada komponen Sikap dan Tugas masih kurang. Kekekurangan tersebut dalam hal penilaian sikap baiknya
dituliskan kompetensi sikap yang akan diukur dengan metode penilaian pribadi
atau juga penilaian silang antar siswa. Kemudian dalam hal pemberian tugas
remedial bagi siswa yang belum tuntas dan di beri tugas pengayaan bagi siswa
yang sudah tuntas.
|
0 Response to "Contoh Format analisis buku siswa kurikulum 13"
Posting Komentar