Contoh Format analisis buku siswa kurikulum 13



KELOMPOK : H.8 - 4
LK  2.1
 
ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku  :  Ilmu Pengetahuan Alam 
Kelas            :  VIII/ Semester 1
Jenjang         :  SMP
 Topik            : Gerak Pada Makhluk Hidup
KD                    :  3.1 Memahami gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda ke dalam kehidupan sehari-hari
Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak Lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A. Sistematika

Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai

Sesuai
-
-


Urutan subtopic/materi sesuai dengan KD dan sistematika keilmuan

Sesuai
-
-


Komponen penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik
Sesuai
-
-



B. Uraian Materi

Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar

Sesuai
-
-


Cakupan materi setiap subtopic/subbab memenuhi kebutuhan pencapaian KD

Sesuai
-
-


Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintific
Sesuai
-
-



C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Penilaian  Pengetahuan
Sesuai
-
-


Penilaian Sikap
Sesuai
-
-
Belum nampak secara tersurat
Dituliskan kompensi sikap yang ingin dinilai
Penilaian Keterampilan
Sesuai
-
-


Tugas
Sesuai
-
-
1.    Tidak diberikan tugas pada siswa yang belum mencapai ketuntasan pada materi gerak

2.    Bagi siswa yang sudah tuntas belum diberikan pengayaan
1.    Bagi siswa yang belum tuntas diberikan remedial

2.    Bagi siswa yang sudah tuntas diberikan pengayaan

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Berdasarkan bedah buku siswa yang kelompok kami lakukan adalah sebagai berikut:
1.    Ditinjau berdasarkan Sistematikanya buku siswa sudah baik dan sesuai dengan Kompetensi Dasar
2.    Ditinjau berdasarkan Uraian Materinya secara keseluruhan baik, hanya pada Cakupan materi setiap subtopic/subbab memenuhi kebutuhan pencapaian KD kami menilai cukup baik
3.    Ditinjau Penilaian Proses dan Hasil Belajar sudah cukup baik, hanya pada komponen Sikap dan Tugas masih kurang. Kekekurangan tersebut dalam hal penilaian sikap baiknya dituliskan kompetensi sikap yang akan diukur dengan metode penilaian pribadi atau juga penilaian silang antar siswa. Kemudian dalam hal pemberian tugas remedial bagi siswa yang belum tuntas dan di beri tugas pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas.


0 Response to "Contoh Format analisis buku siswa kurikulum 13"

Posting Komentar