RPP Struktur dan Fungsi Jaringan Daun kelas VIII semester 2 SMP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      :  Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran             :  IPA 
Kelas / Semester          :  VIII/2
Topik                           :  Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta     
                                           pemanfaatannya dalam teknologi
Subtopik                      :  Struktur dan fungsi jaringan daun
Alokasi waktu             :  3 x 40 menit


A.  KOMPETENSI INTI

1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

1.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,  (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

          1.3  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata

         1.4  Mencoba mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) ranah abstrak dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang / teori


B.  KOMPETENSI DASAR

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti,                           cermat, tekun ,hati-hati, tanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

            3.2. Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya,serta     
            berberbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh stuktur tersebut
            4.2 Melakukan pengamatan terhadap stuktur jaringan tumbuhan serta menghasilkan 
             ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut.


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun daun
·         Menjelaskan hubungan antara stuktur dan fungsi jaringan di daun
·         Membandingkan struktur jaringanyang menyusun akar batang dan daun
·         Menunjukkan pemanfaatan teteknologi yang terilhami struktur tumbuhan
·         Mengumpulkan data berdasarkanhasil pengamatan struktur jaringan daun dan membuat laporannnaya
Mengidentifikasi berbagai fakta mengenai berbagai ide teknologi sederhana yang terilhami oleh stuktur jaringan tumbuhan..

C.     MATERI PEMBELAJARAN

Sruktur dan fungsi daun

                                              
D.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan           : Saintifik
2.      Metode                  : Diskusi dan Eksperimen
3.      Model                    : Discovery Learning

E.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                    :  Laptop, LCD
2.      Alat dan bahan      :  
3.      Sumber belajar      :
-          Buku siswa kelas VIII Puskurbuk 2013


F.      KEGIATAN PEMBELAJARAN


Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
-   Guru memberi salam, menanyakan kehadiran siswa.
-   Peserta didik dan guru berdoa bersama
-   Motivasi :
    Guru  menggambil daun dan anak-anak diminta untuk 
    melihat daun
-   Guru mengingatkan kembali kepada siswa tentang
     Struktur akar dan struktur batang yang telah di 
     Pelajari pada pertemuan sebelumnya
   - Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari  
      Struktur dan fungsi daun
10    menit
Kegiatan Inti







Mengamati


Menanya





Pengumpulan data



Pengolahan data dan analisis



Mengkomunikasikan

-          Dengan bimbingan guru, peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3 – 5 siswa.
-          Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan  yang akan dilakukan yaitu dengan cara melihat gambar struktur daun yang ada pada tayangan pada lcd proyektor.  
   
-          Peserta didik mengamati dan mempelajari tayangan

Lcd proyektor

-          Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan tentang informasi yang belum dipahami terutama mengenai  langkah kegiatan pada struktur dan fungsi daun

-          Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada lembar kegiatan,

-          Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk  mengkaji data yang telah dikumpulkan dan mencoba mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui mengamati gambar

-          Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan  dan diskusi kelompoknya,
100 menit
Penutup

-          Peserta didik bersama  guru menyimpulkan  hasil kegiatan pembelajaran  
-          Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-                      -      Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi
-                             berikutnya yaitu fotosintesis
10 menit

G.     PENILAIAN

1.    Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Lembar penilaian praktikum  
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan Ganda

2.    Contoh Instrumen
a.        Lembar Pengamatan Sikap
1.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Kejujuran dalam mengamati dan mencatat  data hasil percobaan





Rubrik Penilaian Perilaku


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan  hati-hati



3.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.    mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Jujur
3.       jujur dalam pengamatan,  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.       jujur dalam pengamatan,  tidak ikut  mengemukaan gagasan  
3.       atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   tidak jujur dalam pengamatan,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b.        Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
Peniaian keterampilan                                         
No
Keterampilan  yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Penggunaan alat
3
-          Dapat memilih alat-alat yang digunakan dengar benar.
-          Dapat menyiapkan peralatan praktikum dengan lengkap
-          Dapat menggunakan peralatan praktikum dengan benar
2
Ada dua aspek yang benar
1
Ada satu aspek yang benar
2
 Cara melakukan praktikum
3
-          Cara melakukan praktikum sesuai dengan langkah-langkah kerja
-          Cara mengamati proses perambatan dan pembiasan cahaya
-          Dapat menunjukkan dan menjelaskan proses perambatan, pembiasan cahaya
2
Ada dua aspek yang benar
1
Ada satu aspek yang benar

Instrumen Pengetahuan

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1.Jaringan pada daun yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah ....

A.    jaringan epidermis       C. jaringan palisade
B.     jaringan xylem D. jaringan meristem

Untuk soal nomor 2 sampai 4 perhatikan gambar berikut ini

2.  Gambar dengan tanda X adalah ....
A.    Jaringan Bunga Karang           C. Epidermis Atas
B.     Jaringan Tiang             D. Stomata

3.  Gambar dengan tanda Y adalah ....
A.    Jaringan Bunga Karang           C. Epidermis Atas
B.     Jaringan Tiang             D. Stomata

4.  Gambar dengan tanda Z adalah ....
A.    Jaringan Bunga Karang           C. Epidermis Atas
      B.     Jaringan Tiang             D. Stomata


Mengetahui                                                                 Merbau Mataram,  …..   Juli 2014
Kepala Sekolah                                                           Guru Bidang Studi IPA




Zulpikar,M.Pd                                                             Meiyensi,S.Pd.MM
NIP. 196806071980101001                                       NIP. 197805232007012007


0 Response to "RPP Struktur dan Fungsi Jaringan Daun kelas VIII semester 2 SMP"

Posting Komentar