Contoh pemetaan kompetensi IPA KELAS VIII


Pemetaan Kompetensi


Mata Pelajaran                    :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                   :     VIII/1
Satuan Pendidikan              :     SMP/MTs


Kompetensi Inti:
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Inti
Kompetensi Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
6
3.  Memahami pengeta-huan (faktual, konsep-tual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknolo-gi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadi-an tampak mata
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ra-nah konkret (menggu-nakan, mengurai, me-rangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ra-nah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan me-ngarang) sesuai de-ngan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
3.2  Menganalisis ge-rak lurus, penga-ruh gaya ter-hadap gerak ber-dasarkan hukum Newton, dan pe-nerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2  Menyajikan hasil penyelidikan pe-ngaruh gaya ter-hadap gerak benda
3.1 Menganalisis ge-rak pada makhluk hidup, sistem ge-rak pada manu-sia, dan upaya menjaga kesehat-an sistem gerak
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, ser-ta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
-  Memahami dan menjelaskan gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
-  Memahami dan mela-kukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan ten-tang pengaruh gaya terhadap gerak
-  Menjelaskan sistem gerak aktif dan pasif pada manusia
-  Menjelaskan tentang mekanisme gerak otot
-  Menyebutkan ma-cam-macam sendi dan contohnya
-  Menjelaskan gang-guan yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia
-  Mendiskusikan cara mencegah dan meng-atasi gangguan pada sistem gerak manusia
-  Menjelaskan macam-macam gerak pada tumbuhan
-  Mengidentifikasi ge-rak tumbuhan berda-sarkan rangsangan-nya
-    Menjelaskan gerak hewan di air, udara, dan daratan
-   Gerak benda dan makhluk hidup








40 x 40’


Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
6

3.3  Menjelaskan kon-sep usaha, pesa-wat sederhana, dan penerapan-nya dalam kehi-dupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3  Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan ma-salah tentang manfaat penggu-naan pesawat se-derhana dalam kehidupan sehari-hari
-    Memahami dan mendeskripsikan ke-gunaan pesawat se-derhana dalam ke-hidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
-    Memahami dan me-lakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanis pada pe-sawat sederhana
-   Pesawat sederhana








10 x 40’
3.4  Menganalisis ke-terkaitan struktur jaringan tumbuh-an dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tum-buhan
4.4 Menyajikan karya dari hasil pene-lusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil peng-amatan struktur tumbuhan
-    Mengidentifikasi ma-cam-macam jaringan pada tumbuhan
-    Menjelaskan susun-an jaringan pada akar, batang, dan daun
-    Menjelaskan peman-faatan struktur jaring-an tumbuhan dalam teknologi
-   Struktur ja-ringan tum-buhan dan fungsinya






10 x 40’
3.5  Menganalisis sis-tem pencernaan pada manusia dan memahami gang-guan yang ber-hubungan dengan sistem pencer-naan, serta upaya menjaga kesehat-an sistem pen-cernaan
4.5  Menyajikan hasil penyelidikan ten-tang pencernaan mekanis dan kimiawi
-    Menjelaskan bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh be-serta fungsi dan contohnya
-    Menjelaskan jenis-jenis pencernaan pa-da manusia
-    Mendeskripsikan or-gan-organ pencer-naan manusia
-    Menjelaskan proses pencernaan makan-an secara urut
-    Mengidentifikasi je-nis-jenis enzim yang berperan dalam pro-ses pencernaan ki-miawi
-    Menjelaskan macam-macam penyakit dan kelainan pada sis-tem pencernaan
-    Menjelaskan cara menjaga kesehatan sistem pencernaan
-   Sistem pencerna-an makan-an pada manusia






20 x 40’

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
6

3.6  Menjelaskan ber-bagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dam-paknya terhadap kesehatan
4.6  Membuat karya tulis tentang dam-pak penyalahgu-naan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
-    Mengidentifikasi ba-han kimia yang ter-dapat dalam makan-an
-    Mengidentifikasi efek samping bahan ki-mia dalam suatu produk
-    Menunjukkan contoh makanan yang meng-gunakan bahan ki-mia alami dan buatan
-    Menjelaskan penger-tian zat adiktif dan psikotropika
-    Menjelaskan dam-pak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
-    Menjelaskan cara menghindarkan diri dari penggunaan zat adiktif dan psiko-tropika
-   Zat aditif dan zat adiktif






10 x 40’



Mengetahui
Kepala Sekolah

Jati Agung, ...       Juli 2018
Guru Mata Pelajaran


SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009



Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007



0 Response to "Contoh pemetaan kompetensi IPA KELAS VIII "

Posting Komentar