Pemetaan Kompetensi
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kompetensi Inti:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Inti
|
Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
3. Memahami pengeta-huan (faktual, konsep-tual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknolo-gi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadi-an tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji, dalam ra-nah konkret (menggu-nakan, mengurai, me-rangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ra-nah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan me-ngarang) sesuai de-ngan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
3.2 Menganalisis ge-rak lurus, penga-ruh gaya ter-hadap gerak ber-dasarkan
hukum Newton, dan pe-nerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pe-ngaruh gaya
ter-hadap gerak benda
3.1 Menganalisis
ge-rak pada makhluk hidup, sistem ge-rak pada manu-sia, dan upaya menjaga kesehat-an sistem gerak
4.1 Menyajikan karya tentang
berbagai gangguan pada sistem gerak, ser-ta upaya menjaga kesehatan sistem gerak
manusia
|
- Memahami dan
menjelaskan gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum
Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari
- Memahami dan
mela-kukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan
percobaan ten-tang pengaruh gaya terhadap gerak
- Menjelaskan
sistem gerak aktif dan pasif pada manusia
- Menjelaskan
tentang mekanisme gerak otot
- Menyebutkan
ma-cam-macam sendi dan contohnya
- Menjelaskan gang-guan yang mungkin terjadi
pada sistem gerak manusia
- Mendiskusikan
cara mencegah dan meng-atasi gangguan pada sistem gerak manusia
- Menjelaskan
macam-macam gerak pada tumbuhan
- Mengidentifikasi
ge-rak tumbuhan berda-sarkan rangsangan-nya
-
Menjelaskan gerak hewan di
air, udara, dan daratan
|
- Gerak benda dan makhluk hidup
|
√
|
|
|
|
|
|
40 x 40’
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
|
3.3 Menjelaskan kon-sep usaha, pesa-wat sederhana, dan penerapan-nya
dalam kehi-dupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan ma-salah tentang
manfaat penggu-naan pesawat se-derhana dalam kehidupan sehari-hari
|
- Memahami dan mendeskripsikan ke-gunaan pesawat se-derhana dalam
ke-hidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia
- Memahami dan me-lakukan
penyelidikan tentang keuntungan mekanis pada pe-sawat sederhana
|
- Pesawat sederhana
|
|
|
√
|
|
|
|
10 x 40’
|
3.4 Menganalisis
ke-terkaitan struktur jaringan tumbuh-an dan fungsinya,
serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tum-buhan
4.4 Menyajikan karya dari hasil
pene-lusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari
hasil peng-amatan struktur tumbuhan
|
- Mengidentifikasi ma-cam-macam
jaringan pada tumbuhan
- Menjelaskan susun-an
jaringan pada akar, batang, dan daun
- Menjelaskan peman-faatan struktur jaring-an tumbuhan dalam
teknologi
|
- Struktur ja-ringan tum-buhan dan fungsinya
|
|
|
|
√
|
|
|
10 x 40’
|
|
3.5 Menganalisis sis-tem pencernaan pada manusia dan memahami gang-guan yang ber-hubungan dengan sistem pencer-naan, serta upaya menjaga kesehat-an
sistem pen-cernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan ten-tang pencernaan mekanis dan
kimiawi
|
- Menjelaskan bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh be-serta
fungsi dan contohnya
- Menjelaskan jenis-jenis
pencernaan pa-da manusia
- Mendeskripsikan or-gan-organ
pencer-naan manusia
- Menjelaskan proses
pencernaan makan-an secara urut
- Mengidentifikasi je-nis-jenis
enzim yang berperan dalam pro-ses pencernaan ki-miawi
- Menjelaskan macam-macam penyakit dan kelainan pada sis-tem
pencernaan
- Menjelaskan cara menjaga
kesehatan sistem pencernaan
|
- Sistem pencerna-an makan-an pada manusia
|
|
|
|
|
√
|
|
20 x 40’
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
|
3.6 Menjelaskan ber-bagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat
adiktif, serta dam-paknya terhadap kesehatan
4.6 Membuat karya tulis tentang dam-pak penyalahgu-naan zat aditif dan
zat adiktif bagi kesehatan
|
- Mengidentifikasi ba-han
kimia yang ter-dapat dalam makan-an
- Mengidentifikasi efek
samping bahan ki-mia dalam suatu produk
- Menunjukkan contoh makanan yang meng-gunakan bahan ki-mia alami dan buatan
- Menjelaskan penger-tian
zat adiktif dan psikotropika
- Menjelaskan dam-pak
negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
- Menjelaskan cara
menghindarkan diri dari penggunaan zat adiktif dan psiko-tropika
|
- Zat aditif dan zat adiktif
|
|
|
|
|
|
√
|
10 x 40’
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Jati Agung, ... Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009
|
|
Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007
|
0 Response to "Contoh pemetaan kompetensi IPA KELAS VIII "
Posting Komentar