Identifikasi KI, KD untuk
Menetapkan
Kegiatan
Pembelajaran (TM, PT, KMTT)
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kompetensi Inti:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Kegiatan Pembelajaran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||
3. Memahami pe-ngetahuan
(fak-tual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan ra-sa ingin tahu-nya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tam-pak mata
4. Mencoba, meng-olah, dan me-nyaji,
dalam ra-nah konkret (menggunakan, mengurai, me-rangkai, memo-difikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, mem-baca, menghi-tung, menggam-bar, dan menga-rang)
sesuai dengan yang dipelajari di se-kolah dan sum-ber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
|
3.2 Menganalisis ge-rak lurus, penga-ruh gaya ter-hadap gerak berdasarkan
hu-kum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makh-luk hidup
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pe-ngaruh gaya
ter-hadap gerak benda
3.1 Menganalisis
ge-rak pada makh-luk hidup, sistem gerak pada ma-nusia,
dan upa-ya menjaga ke-sehatan sistem gerak
4.1 Menyajikan kar-ya tentang ber-bagai gangguan pada sistem ge-rak,
serta upaya menjaga kese-hatan sistem gerak manusia
|
- Konsep gerak benda
- Unsur-unsur dalam gerak
- Gerak lurus ber-aturan dan gerak lurus
berubah ber-aturan
- Pengaruh gaya terha-dap gerak
- Sistem gerak pasif pada manusia
- Sistem gerak aktif pada manusia
- Kelainan pada sistem gerak manusia
- Gerak pada tum-buhan
- Gerak pada hewan
|
- Memahami dan menjelaskan gerak lurus dan
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerap-annya
pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami dan melakukan penyelidikan
tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya
terhadap gerak
- Menjelaskan sistem gerak aktif dan pasif
pada manusia
- Menjelaskan tentang meka-nisme gerak otot
- Menyebutkan macam-macam sendi dan
contohnya
- Menjelaskan gangguan yang mungkin terjadi
pada sistem gerak manusia
- Mendiskusikan cara mencegah dan mengatasi
gangguan pada sistem gerak manusia
- Menjelaskan macam-macam gerak pada
tumbuhan
- Mengidentifikasi gerak tumbuhan
berdasarkan rangsangannya
- Menjelaskan
gerak hewan di air, udara, dan daratan
|
|
|
|
|
3.3 Menjelaskan kon-sep
usaha, pe-sawat sederhana, dan penerapan-nya
dalam kehi-dupan sehari-hari
termasuk kerja otot pada struk-tur rangka
manu-sia
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan
atau pemecahan masa-lah tentang
man-faat penggunaan pesawat seder-hana dalam kehi-dupan sehari-hari
|
Pesawat sederhana
Macam-macam pesawat sederhana
|
- Memahami dan mendeskrip-sikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia
- Memahami dan melakukan
penyelidikan tentang keun-tungan mekanis pada pesawat sederhana
|
|
|
|
3.4 Menganalisis
ke-terkaitan struktur jaringan tumbuh-an dan fungsi-nya, serta tekno-logi yang ter-inspirasi oleh struktur tumbuhan
4.4 Menyajikan kar-ya dari hasil penelusuran ber-bagai sumber informasi tentang teknologi yang
terinspirasi dari hasil pengamat-an struktur tum-buhan
|
Macam-macam ja-ringan pada
tum-buhan
Susunan jaringan pada akar, batang, dan daun
Pemanfaatan struk-tur jaringan tumbuh-an dalam teknologi
|
- Mengidentifikasi
macam-ma-cam jaringan pada tumbuhan
- Menjelaskan susunan
jaringan pada akar, batang, dan daun
- Menjelaskan pemanfaatan
struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi
|
|
|
|
|
|
3.5 Menganalisis sis-tem
pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan de-ngan sistem pen-cernaan, serta upaya menjaga
kesehatan sis-tem pencernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan ten-tang pencernaan mekanis dan
kimiawi
|
Zat makanan yang dibutuhkan manusia
Sistem pencernaan makanan
|
- Menjelaskan bahan-bahan
makanan yang diperlukan tubuh beserta fungsi dan contohnya
- Menjelaskan jenis-jenis
pen-cernaan pada manusia
- Mendeskripsikan
organ-organ pencernaan manusia
- Menjelaskan proses
pencer-naan makanan secara urut
- Mengidentifikasi jenis-jenis
enzim yang berperan dalam proses pencernaan kimiawi
- Menjelaskan macam-macam
penyakit dan kelainan pada sistem pencernaan
- Menjelaskan cara menjaga
kesehatan sistem pencernaan
|
|
|
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Kegiatan Pembelajaran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||
|
3.6 Menjelaskan ber-bagai
zat aditif dalam makanan dan minuman, zat
adiktif, serta dampaknya ter-hadap
kesehatan
4.6 Membuat karya tulis tentang
dam-pak penyalah-gunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
Zat aditif
Bahan aditif lainnya pada makanan
Upaya mengurangi dampak
negatif peng-gunaan zat aditif
Zat adiktif
|
- Mengidentifikasi bahan
kimia yang terdapat dalam makan-an
- Mengidentifikasi efek
samping bahan kimia dalam suatu produk
- Menunjukkan contoh makan-an
yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
- Menjelaskan pengertian
zat adiktif dan psikotropika
- Menjelaskan dampak
negatif zat adiktif (rokok dan minum-an keras) dan psikotropika
- Menjelaskan cara menghin-darkan
diri dari penggunaan zat adiktif dan psikotropika
|
|
|
|
Keterangan:
TM
:
Tatap Muka
PT
: Penugasan Terstruktur
KMTT
: Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Jati Agung, ... Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009
|
|
Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007
|
0 Response to "Identifikasi KI, KD IPA "
Posting Komentar