Identifikasi KI, KD IPA


Identifikasi KI, KD untuk Menetapkan
Kegiatan Pembelajaran (TM, PT, KMTT)


Mata Pelajaran           :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          :     VIII/1
Satuan Pendidikan     :     SMP/MTs




Kompetensi Inti:
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Jenis Kegiatan Pembelajaran
TM
PT
KMTT
3. Memahami pe-ngetahuan (fak-tual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan ra-sa ingin tahu-nya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tam-pak mata
4. Mencoba, meng-olah, dan me-nyaji, dalam ra-nah konkret (menggunakan, mengurai, me-rangkai, memo-difikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, mem-baca, menghi-tung, menggam-bar, dan menga-rang) sesuai dengan yang dipelajari di se-kolah dan sum-ber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

3.2  Menganalisis ge-rak lurus, penga-ruh gaya ter-hadap gerak berdasarkan hu-kum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makh-luk hidup
4.2  Menyajikan hasil penyelidikan pe-ngaruh gaya ter-hadap gerak benda
3.1 Menganalisis ge-rak pada makh-luk hidup, sistem gerak pada ma-nusia, dan upa-ya menjaga ke-sehatan sistem gerak
4.1 Menyajikan kar-ya tentang ber-bagai gangguan pada sistem ge-rak, serta upaya menjaga kese-hatan sistem gerak manusia
-   Konsep gerak benda
-   Unsur-unsur dalam gerak
-   Gerak lurus ber-aturan dan gerak lurus berubah ber-aturan
-   Pengaruh gaya terha-dap gerak
-   Sistem gerak pasif pada manusia
-   Sistem gerak aktif pada manusia
-   Kelainan pada sistem gerak manusia
-   Gerak pada tum-buhan
-   Gerak pada hewan
-   Memahami dan menjelaskan gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerap-annya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
-   Memahami dan melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
-   Menjelaskan sistem gerak aktif dan pasif pada manusia
-   Menjelaskan tentang meka-nisme gerak otot
-   Menyebutkan macam-macam sendi dan contohnya
-   Menjelaskan gangguan yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia
-   Mendiskusikan cara mencegah dan mengatasi gangguan pada sistem gerak manusia
-   Menjelaskan macam-macam gerak pada tumbuhan
-   Mengidentifikasi gerak tumbuhan berdasarkan rangsangannya
-   Menjelaskan gerak hewan di air, udara, dan daratan




3.3  Menjelaskan kon-sep usaha, pe-sawat sederhana, dan penerapan-nya dalam kehi-dupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struk-tur rangka manu-sia
4.3  Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masa-lah tentang man-faat penggunaan pesawat seder-hana dalam kehi-dupan sehari-hari
­   Pesawat sederhana
­   Macam-macam pesawat sederhana
-    Memahami dan mendeskrip-sikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
-    Memahami dan melakukan penyelidikan tentang keun-tungan mekanis pada pesawat sederhana



3.4  Menganalisis ke-terkaitan struktur jaringan tumbuh-an dan fungsi-nya, serta tekno-logi yang ter-inspirasi oleh struktur tumbuhan
4.4 Menyajikan kar-ya dari hasil penelusuran ber-bagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamat-an struktur tum-buhan
­   Macam-macam ja-ringan pada tum-buhan
­   Susunan jaringan pada akar, batang, dan daun
­   Pemanfaatan struk-tur jaringan tumbuh-an dalam teknologi
-    Mengidentifikasi macam-ma-cam jaringan pada tumbuhan
-    Menjelaskan susunan jaringan pada akar, batang, dan daun
-    Menjelaskan pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi




3.5  Menganalisis sis-tem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan de-ngan sistem pen-cernaan, serta upaya menjaga kesehatan sis-tem pencernaan
4.5  Menyajikan hasil penyelidikan ten-tang pencernaan mekanis dan kimiawi
­   Zat makanan yang dibutuhkan manusia
­   Sistem pencernaan makanan
-    Menjelaskan bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh beserta fungsi dan contohnya
-    Menjelaskan jenis-jenis pen-cernaan pada manusia
-    Mendeskripsikan organ-organ pencernaan manusia
-    Menjelaskan proses pencer-naan makanan secara urut
-    Mengidentifikasi jenis-jenis enzim yang berperan dalam proses pencernaan kimiawi
-    Menjelaskan macam-macam penyakit dan kelainan pada sistem pencernaan
-    Menjelaskan cara menjaga kesehatan sistem pencernaan











Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Jenis Kegiatan Pembelajaran
TM
PT
KMTT

3.6  Menjelaskan ber-bagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya ter-hadap kesehatan
4.6  Membuat karya tulis tentang dam-pak penyalah-gunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
­   Zat aditif
­   Bahan aditif lainnya pada makanan
­   Upaya mengurangi dampak negatif peng-gunaan zat aditif
­   Zat adiktif
-    Mengidentifikasi bahan kimia yang terdapat dalam makan-an
-    Mengidentifikasi efek samping bahan kimia dalam suatu produk
-    Menunjukkan contoh makan-an yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
-    Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
-    Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minum-an keras) dan psikotropika
-    Menjelaskan cara menghin-darkan diri dari penggunaan zat adiktif dan psikotropika




Keterangan:
TM      :   Tatap Muka                              
PT        :   Penugasan Terstruktur                               
KMTT    :   Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur



Mengetahui
Kepala Sekolah

Jati Agung, ...       Juli 2018
Guru Mata Pelajaran


SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009



Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007

0 Response to "Identifikasi KI, KD IPA "

Posting Komentar