Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Per Kompetensi Dasar dan Indikator IPA KELAS VIII


Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
Per Kompetensi Dasar dan Indikator

Mata Pelajaran           :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          :     VIII/1
Satuan Pendidikan     :     SMP/MTs


Kompetensi Inti:
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
No.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria  Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.


























2.











3.










4.















5.



Gerak benda dan makhluk hidup
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
-  Memahami dan menjelaskan gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
-  Memahami dan melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
-  Menjelaskan sistem gerak aktif dan pasif pada manusia
-  Menjelaskan tentang mekanisme gerak otot
-  Menyebutkan macam-macam sendi dan contohnya
-  Menjelaskan gangguan yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia
-  Mendiskusikan cara mencegah dan mengatasi gangguan pada sistem gerak manusia
-  Menjelaskan macam-macam gerak pada tumbuhan
-  Mengidentifikasi gerak tumbuhan berdasarkan rangsangannya
-  Menjelaskan gerak hewan di air, udara, dan daratan
Pesawat sederhana
1.1   Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
1.2   Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari         
-    Memahami dan mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
-    Memahami dan melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanis pada pesawat sederhana
Struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya
1.3   Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
1.4   Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan           
-    Mengidentifikasi macam-macam jaringan pada tumbuhan
-    Menjelaskan susunan jaringan pada akar, batang, dan daun
-    Menjelaskan pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi
Sistem pencernaan makanan pada manusia
Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi 
-    Menjelaskan bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh beserta fungsi dan contohnya
-    Menjelaskan jenis-jenis pencernaan pada manusia
-    Mendeskripsikan organ-organ pencernaan manusia
-    Menjelaskan proses pencernaan makanan secara urut
-    Mengidentifikasi jenis-jenis enzim yang berperan dalam proses pencernaan kimiawi
-    Menjelaskan macam-macam penyakit dan kelainan pada sistem pencernaan
-    Menjelaskan cara menjaga kesehatan sistem pencernaan
Zat aditif dan zat adiktif
Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan  
-    Mengidentifikasi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
-    Mengidentifikasi efek samping bahan kimia dalam suatu produk
-    Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
-    Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
-    Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
-    Menjelaskan cara menghindarkan diri dari penggunaan zat adiktif dan psikotropika





Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya


Mengetahui
Kepala Sekolah

Jati Agung, ...       Juli 2018
Guru Mata Pelajaran


SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009



Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007



Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
Per Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran                    :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                   :     VIII/1
Satuan Pendidikan              :     SMP/MTs


No.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kriteria  Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.

2.




3.























4.














Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-    Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
-    Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
-    Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
-    Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
-    Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
-    Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
-    Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
-    Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
-    Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari







No.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kriteria  Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)


-    Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
-    Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
-    Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan





Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
                                                                                




Mengetahui
Kepala Sekolah

Jati Agung, ...       Juli 2018
Guru Mata Pelajaran


SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009



Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007



0 Response to "Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Per Kompetensi Dasar dan Indikator IPA KELAS VIII"

Posting Komentar