Penetapan Kriteria
Ketuntasan Minimal
Per Kompetensi Dasar dan
Indikator
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
No.
|
Kompetensi Dasar dan
Indikator
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Nilai KKM (%)
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Gerak benda dan
makhluk hidup
Menganalisis
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
Menyajikan hasil
penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
- Memahami dan menjelaskan gerak lurus dan
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerapannya
pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami dan melakukan penyelidikan tentang
gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap
gerak
Menganalisis
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak
Menyajikan karya
tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan
sistem gerak manusia
- Menjelaskan sistem gerak aktif dan pasif
pada manusia
- Menjelaskan tentang mekanisme gerak otot
- Menyebutkan macam-macam sendi dan contohnya
- Menjelaskan gangguan yang mungkin terjadi
pada sistem gerak manusia
- Mendiskusikan cara mencegah dan mengatasi
gangguan pada sistem gerak manusia
- Menjelaskan macam-macam gerak pada tumbuhan
- Mengidentifikasi
gerak tumbuhan berdasarkan rangsangannya
- Menjelaskan gerak hewan di air, udara, dan
daratan
Pesawat sederhana
1.1 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur
rangka manusia
1.2 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah
tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami dan mendeskripsikan
kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan
kerja otot pada struktur rangka manusia
- Memahami
dan melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanis pada pesawat sederhana
Struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya
1.3 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
1.4 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber
informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur
tumbuhan
- Mengidentifikasi
macam-macam jaringan pada tumbuhan
- Menjelaskan
susunan jaringan pada akar, batang, dan daun
- Menjelaskan
pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi
Sistem
pencernaan makanan pada manusia
Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan
memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya
menjaga kesehatan sistem pencernaan
Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan
mekanis dan kimiawi
- Menjelaskan
bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh beserta fungsi dan contohnya
- Menjelaskan
jenis-jenis pencernaan pada manusia
- Mendeskripsikan
organ-organ pencernaan manusia
- Menjelaskan
proses pencernaan makanan secara urut
- Mengidentifikasi
jenis-jenis enzim yang berperan dalam proses pencernaan kimiawi
- Menjelaskan
macam-macam penyakit dan kelainan pada sistem pencernaan
- Menjelaskan
cara menjaga kesehatan sistem pencernaan
Zat
aditif dan zat adiktif
Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan
dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan
zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
- Mengidentifikasi
bahan kimia yang terdapat dalam makanan
- Mengidentifikasi
efek samping bahan kimia dalam suatu produk
- Menunjukkan
contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
- Menjelaskan
pengertian zat adiktif dan psikotropika
- Menjelaskan
dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
- Menjelaskan
cara menghindarkan diri dari penggunaan zat adiktif dan psikotropika
|
|
|
|
|
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan
diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Jati Agung, ... Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009
|
|
Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007
|
Penetapan Kriteria
Ketuntasan Minimal
Per Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
No.
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Nilai KKM (%)
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan
hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
- Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia,
dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
- Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
- Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
- Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami
gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga
kesehatan sistem pencernaan
- Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat
adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
- Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak,
serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
- Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
- Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang
manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Nilai KKM (%)
|
||
|
- Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi
tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
- Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan
kimiawi
- Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan
zat adiktif bagi kesehatan
|
|
|
|
|
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan
diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Jati Agung, ... Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
SOETOPO, S.Pd
________________________
NIP.196902281997031009
|
|
Hj. Meiyensi, S.Pd.MM
________________________
NIP.197605232007012007
|
0 Response to "Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Per Kompetensi Dasar dan Indikator IPA KELAS VIII"
Posting Komentar